Home / Sulsel Membangun

Disnakertransos Kucurkan Bantuan Usaha

Selasa, 19 Jan 2016 | 20:05 WITA

 
LUTIM,UPEKS.co.id -- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi berikan bantuan peralatan menjahit dan usaha kuliner di Aula Disnakertarns, selasa (19/1).
 
Bantuan itu menindaklanjuti program pengembangan keterampilan tenaga kerja mandiri tahun 2015. Bantuan itu untuk dua kelompok di Luwu Timur itu diserahkan secara simbolis dari pejabat pelaksana tugas asisiten Pemerintahan, Budiman dan Kepala Disnakertansos Luwu Timur, Mas’ud Masse kepada perwakilan masing-masing kelompok. 

“Pengembangan keterampilan tenaga kerja mandiri terbagi dalam dua angkatan yang diikuti 20 orang. Untuk angkatan pertama peserta diberi pelatihan untuk produk kuliner, sedangkan angkatan kedua dilatih khusus keterampilan menjahit,' ujarnya.

Pelatihan dilaksanakan Oktober lalu selama 10 hari. Lima hari dalam kelas dan lima hari lainnya kunjungan ke tempat usaha, kata Fuad Ugahari, pejabat pembuat komitmen program. 

Alokasi anggaran kegiatan bersumber dari APBN tugas pembantuan tahun 2015 dengan anggaran Rp80 juta. Bantuan peralatan yang diserahkan terdiri dari alat pengering keripik, mixer, parut kelapa, oven listrik dan kompor gas.
 
“Kami sangat bersyukur dan termotivasi untuk mengembangan usaha industry rumah tangga. Ilmu yang kami dapatkan selama pelatihan menjadi bekal untuk menumbuhkan usaha ini secara mandiri,” imbuh Hasna, salah satu perwakilan kelompok penerima bantuan. (aco/arf).

Penulis: Aco

Editor: Muh Arafah

Berita Terkait