Home / Aksi Korporasi

Travel Ananda Berangkatkan 160 CJH

Senin, 25 Jul 2016 | 11:52 WITA

MANASIK HAJI. Suasana manasik haji yang digelar Travel PT Ananda Nurul Haromain, Minggu (24/7/16) kemarin. --EDO/UPEKS--

Musim Haji 2016
MAKASSAR, UPEKS.co.id -- Menjelang musim haji sejumlah travel yang dipercaya para calon jamaah haji untuk pemberangkatan menunaikan rukun Islam kelima kini mulai melaksanakan manasik haji, salah satunya adalah PT Ananda Nurul Haromain.

Sebanyak 160 calon jamaah haji melalai Travel PT Ananda Nurul Haromain mengikuti manasik selama tiga hari dari 22-24 Juli 2016 kemarin, di Hotel Ramcy.

Kegiatan manasik haji yang dihadiri oleh Direktur Pelayanan Haji Kemenag pusat, Drs H Ahda Borari, sebagai pemateri turut hadir, Imam Besar Almarkaz Makassar, Dr H Muammar Lc dan Ketua MUI Sulsel, KH Sanusi Baco. Lc, serta Direktur PT. Ananda Nurul Alharomain.

Wakil Direktur PT. Ananda Nurul Haromain H. Baco Ahmad, menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini dengan tujuan agar para calon jamaah haji mengetahui apa-apa saja yang akan dipersiapakan dan mengetahui tata cara pelaksanaan haji yang berlangsung di tanah suci Mekah, nantinya.

"Jadi kegiatan manasik ini kita baru melaksanakan pertama kalinya, dan ke depan kita akan melaksanakan dua kali lagi, dengan tujuan agar para calon jamaah haji betul-betul mengetahui tata cara pelaksanaan haji, mulai dari kesehatan, keberangkatan hingga hal-hal lain yang menganggu pelaksanaan jamaah haji," ucap Baco, Minggu (24/7/16).

Menurut Baco, manasik haji yang disampaikan langsung oleh Direktur Pelayanan Haji Kemenag Pusat, Drs H Ahda Borari, merupakan hal sangat penting terhadap calon jamaah haji itu sendiri terkait tata cara pelaksanaan haji.

"Banyak hal yang sering terjadi pada pelaksanaan jamaah haji berlangsung, dengan digelarnya manasik ini akan meminimalisir sesuatu yang tak diinginkan terjadi di sana," ucapnya.

Sementara itu, calon jamaah haji tahun 2016 ini, pada kesempatan manasik ini, juga akan disampaikan kepada para jamaah haji, hal apa saja yang tidak boleh 

dibawa, terlebih bagasi atau koper. Satu hari pemberangkatan calon jamaah haji sudah mengumpulkan semua kopernya.
"Sehari sebelum pemberangkatan, koper jamaah haji sudah terkumpul, jadi nanti setelah tiba di Mekkah baru ketemu kopernya di depan kamar pemondokannya," katanya.

Baco menambahkan, pada pelaksanaan musim haji ini, suhu di tanah suci berada pada 86 derajat celcius,  selain itu juga PT Ananda Nurul Haromain rencananya akan memberangkatkan 160 orang jamaah dan akan berangkat pada 22 Agustus 2016 mendatang, (edo/suk)

Penulis: Nilsan

Editor: Sukawati

Berita Terkait