Home / Aneka

Wisata Kuliner Pecinan Menggiurkan

Senin, 07 Mar 2016 | 09:09 WITA

GELAR JAJANAN. Beberapa warga Kota Makassar siap-siap menggelar jajan kulinernya di Jalan Bali jelang sore hari.SLAMET RIADY/UPEKS

 
MAKASSAR, UPEKS.co.id -- Berwisata kuliner di kawasan pecinan setiap akhir pekan, tentu menjadi moment yang paling ditunggu. Aneka jajajan yang ditawarkan para pedagang begitu sangat menggiurkan.

Ketua Komunitas Pemerhati Budaya Tionghoa Indonesia, Ruddy Johan, sangat mendukung adanya kawasan kuliner Pecinan di Makassar yang digelar disepanjang Jalan Bali setiap Sabtu. Pasalnya, selain mengembangkan ekonomi kreatif bagi warga, juga membangun citra budaya Tiongkok.
 
Dimana lokasi tersebut merupakan salah satu kawasan wisata di Makassar. Rudy Johan mengharapkan dengan adanya Kia-kia (kawasan kuliner Pecinan) tersebut, nantinya benar-benar bisa dimanfaatkan dan dijaga secara bersama. Terutama kebersihan dan keamanannya.

Ketua Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Sulsel yang juga anggota DPRD Makassar Dapil II, William Laurin sangat mengapresiasi pemerintah dan orang-orang yang terkait terhadap kegiatan Kia-kia.

"Ini akan menambah potensi dan menunjukan Kota Makassar sangat nyaman dijadikan tempat kunjungan wisata, utamanya wisata kuliner Pecinan. Karena itu diharapkan integritas muspida setempat dan juga saling menjaga suasana aman dan nyaman," ujarnya bangga.

Wakil Ketua Bidang Sosial Peguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulsel, Charles D Teriandy ikut mengapresiasi kegiatan ini, bisa memancing kreativitas baru bagi warga Kota Makassar. Terutama, akan melahirkan pengusaha-pengusaha baru, dan tentunya peluang besar bagi masyarakat.
 
Dia mengharapkan agar wisata kuliner Pecinan di Makassar bisa mendorong ekonomi kreatif bagi warga Makassar."Semoga wisata kuliner Pecinan di Makassar ini bisa dikenal ke seluruh Indonesia dan bahkan bisa mendunia," ujarnya. (met/hms)

Penulis: Slamet

Editor: Hafsah maharani

Berita Terkait