Home / Aneka

Pangdam Harap MUI Maksimalkan Peran Ulama

Sabtu, 23 Jul 2016 | 10:41 WITA

AUDIENS KE PANGDAM. Panitia Musda MUI saat melakukan audiens dengan Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti Jumat (22/7) kemarin di Makodam. (Ist)

MAKASSAR,UPEKS.co.id -- Panglima Kodam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengatakan, masalah bangsa yang kian kompleks hanya bisa diatasi dengan pendekatan agama.
 
Ajaran agama yang mulia diyakini efektif meredam dampak negatif globalisasi. “Masalah kita sekarang ini sudah sangat kompleks. Tidak ada jalan lain, kecuali harus kembali ke agama,” kata Pangdam saat menerima panitia musyawarah daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel di Makodam.
 
Dia mengatakan, radikalisme berkembang dengan cepat. Kenakalan anak muda makin menjadi-jadi. Umat tidak lagi hormat pada orang tua, guru, dan ulama. Padahal, katanya, dahulu kepada guru mengaji pun, orang-orang sangat segan. Fenomena itu menunjukkan makin jauhnya masyarakat dari agama.
 
Makanya, Pangdam menyambut baik musda MUI Sulsel yang akan berlangsung 30-31 Juli di Makassar. Dia berharap, dalam musda itu lahir ide-ide praktis untuk memaksimalkan peran ulama dalam menyelesaikan persoalan bangsa. “Belum juga selesai masalah yang ada selama ini, kini muncul lagi Pokemon Go,” ujar Agus sambil tertawa.
 
Panitia musda MUI Sulsel yang menemui Pangdam, antara lain Prof HM Ghalib, Waspada Santing, Ishaq Samad, Abdul Wahid Haddade, Farid Yusuf, dan Nurjannah Abna. Dalam kesempatan itu, ketua panitia musda Waspada Santing menyerahkan tiga buah buku kepada Pangdam. Rencananya, Agus akan membalas buku tersebut dengan dua judul buku hasil karyanya. Buku itu akan diserahkan kepada peserta musda yang berjumlah 180 orang. (mg01)

Penulis: mg01

Editor: M Arif

Berita Terkait