Home / Utama

RAPBD Fokus Infrastruktur

Ahad, 25 Okt 2015 | 13:14 WITA

 
MAKASSAR, UPEKS.co.id -- Pemprov Sulsel menargetkan akhir Oktober ini menyerahkan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2016 ke dewan. Angka yang tertera dalam rancangan tersebut masih berkisar angka APBD 2015 sebesar Rp6,4 triliun lebih. Dimana, fokus anggaran itu untuk penyelesaian banyak proyek infrastruktur.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Latif menjelaskan, RAPBD 2016 sejauh ini sudah dibahas dalam internal pemprov. Hasil rancangan yang disepakati sementara akan ditandatangani pekan ini juga sebelum diserahkan ke DPRD Sulsel.

"RAPBD pekan ini akan kita tandatangani. Target akhir Oktober akan kami serahkan rancangannya ke DPRD," ungkap Abdul Latif, kemarin.

Dijelaskan Latif, nilai yang tertera dalam rancangan tersebut masih dalam kisaran angka APBD 2015 lantaran pemprov masih menunggu angka dari pusat
"Kita juga masih menunggu angka dari pusat. Apalagi APBN 2016 kan belum disahkan. Jadi angka yang sementara kita gunakan masih seperti tahun kemarin, masih pada angka Rp6,2 triliun lebih," katanya.

Kendati begitu, Latif mengaku nilai APBD 2016 masih berpotensi lebih besar dari tahun 2015. Apalagi masih banyak proyek infrastruktur yang butuh alokasi tambahan. 
"Saya kira bisa lebih besar dari angka sebelumnya. Apalagi masih ada sejumlah proyek yang butuh penyelesaian. Fokus kita masih infrastruktur," terangnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, RAPBD 2016 Sulsel pembahasannya sudah berjalan cukup matang, sisa pengajuan secara formal ke dewan untuk mendapat persetujuan.

"Kita sudah bahas, sudah jalan. Pembahasan kita sudah jauh jalan. Tinggal formalitas ke DPRD," kata Syahrul.
Syahrul menegaskan, dengan dua bulan tersisa, pihaknya optimis penetapan APBD pokok bisa diketok sesuai target. "Insya Allah, mudah-mudahan sesuai jadwal. Tidak ada alasan APBD pokok bersoal," pungkasnya. (eky/suk)

Penulis: Muh Aking

Editor: sukawati

Berita Terkait