Home / Edukasi Budaya

Desember UVRI Launcing Nama Baru

Kamis, 24 Sep 2015 | 15:11 WITA

MAKASSAR,UPEKS.co.id - Rektorat Universitas Republik Indonesia (UVRI) Makassar akan melauncing perubahan nama baru di bulan Desember 2015.

UVRI nantinya akan berganti nama menjadi Universitas Nasional Veteran RI atau UNVRI tepat di moment wisudah mahasiswa.

Rektor UVRI Yayasan Karya Dharma Daerah (YKDDM) Makassar, Drs H Sukarno A Husain MS menjelaskan, perubahan nama instituti tersebut akhirnya disetujui Kopertis IX dan sisa menunggu SK yang akan keluar di bulan Oktober depan.

Kata Sukarno, perubahan nama tersebut berpangkal pada konflik yayasan sejak 24 tahun lalu berakhir dengan pergantian nama institusi.
 
Terkait penonaktifan Pusat Data Perguruan Tinggi (PDPT) oleh Dikti, ia menjelaskan, masalah ini terkait  adanya konflik antara kampus UVRI yang terletak di Jalan WR Supratman dan kampus UVRI Jalan Bawakaraeng dan Antang.
 
"Surat rekomendasi dari Kopertis IX sudah ada, tinggal menunggu SK-nya. Kami dinonaktifkan PDPT-nya bukan karena permasalahan akademik seperti kampus lain, tetapi karena konflik yayasan yang sudah 24 tahun,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Saat penerimaan SK perubahan nama tersebut, maka PDPT kampus yang berlokasi di Jl WR Supratman tersebut akan aktif kembali. Senada Wakil Rektor III UVRI YKDDM, Yusuf Ismail menambahkan, PDPT UVRI dinonaktifkan karena kampus ini akan dipecah menjadi dua.

Sedangkan, UVRI YPTKD sebelumnya telah berganti nama institusi, yakni Universitas Pejuang RI dengan berstatus Perguruan Tinggi Baru. " Sesuai dengan keputusan rapat 16 Desember 2014, mereka juga berganti nama, namun tidak diizinkan menggunakan istilah veteran, karena tidak diakui oleh Regional Veteran. Kami berstatus perubahan sedangkan mereka PT baru,” jelasnya. (fkr/sev) 

Penulis: Fakra Rauf

Editor: A Nurseven

Berita Terkait