Home / Mobil Motor

AHM Perkenalkan CBR250RR

Selasa, 26 Jul 2016 | 11:52 WITA

Honda CBR250RR resmi diperkenalkan PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek (APM) sepeda motor Honda di Indonesia, Senin (25/7/2016). Indonesia merupakan negara pertama peluncuran Motor sport 250 cc ini di dunia.

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan, masyarakat Indonesia memiliki tradisi berkendara yang kuat dan sangat menyukai motor, tak terkecuali sepeda motor sport. Sehingga ia menganggap Indonesia merupakan negara yang tepat menjadi lokasi world premiere CBR250RR.
 
"Sepeda motor tidak hanya menjadi alat transportasi yang memberikan kebebasan, tapi juga sudah menjadi sarana penyaluran hobi. Passion dan minat yang tinggi penggemar motor di Indonesia ini mendorong kami menghadirkan Honda all new CBR250RR," ujar Inuma, di sela-sela  peluncuran.

Director Honda Koji Miwa Creative, menyebutkan, pihaknya berharap dengan diluncurkannya motor ini akan terus diingat oleh konsumen  yang ada di Indonesia.

Project Leader Honda Motorcycle R&D Kenji Kawai, menjelaskan, pengembangan motor ini mengusung konsep total control dan speed shape. "Riding position jadi kerangka awal dalam pengembangan ini. Posisi duduknya harua nyaman memberi beban saat high speed," jelasnya.

"Suspensi depan sudah upside down 37mm dari Showa dan menggunakan aluminium swing arm dengan proses gravity dies casting dan pro-link. Kombinasi ini untuk mengurangi moment inertia," jelas Kawai San.

Melalui para desainer, Honda mengumpulkan anak-anak muda untuk mengumpulkan berbagai ide. Dengan memiliki teknologi SSP improvement diyakini memberikan full sensasi dengan hanya sekali melihat saja. Bermesin 2-silinder, DOHC, diyakini membuat kecepatan dan akselerasi CBR250RR sangat cepat dan mudah dikendalikan.
 
Sepeda motor sport fairing ini dibanderol dikisaran Rp63–68 juta (tipe standar), dan Rp69 – 74 juta (tipe ABS).“Kami berharap dengan diluncurkannya motor ini akan terus diingat oleh konsumen kami yang ada di Indonesia,” sebut Koji Miwa.

Terpisah  Kepala Wilayah Astra Motor Makassar, Denny Teguh, mengatakan, setelah launching di Jakarta, Makassar akan kedatangan motor dengan dua knalpot ini sekitar September mendatang.
 
Soal harga belum dipastikan.Honda all new CBR250RR dibekali mesin generasi terbaru 250 cc liquid-cooled, empat stroke, DOHC, dua silinder, yang dikembangkan dari hasil kolaborasi tim engineer Jepang dan Indonesia. Sepeda motor sport ini sudah diproduksi secara lokal di pabrik AHM, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. CBR250RR berprinsip saat diciptakan adalah kemudahan bermanuver dan memiliki total control yang sangat baik.

Selain itu Honda menciptakan konstruksi frame tubular baru lalu diikuti mesin dan suspensi model up-side down. CBR250RR memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan yang lain. Sistem knalpot juga unik dengan sepasang pipa gas buang.(jar)
 

Penulis

Editor: H Abd Jabbar

Berita Terkait