Home / Lorong Kreatif

Menu Mal, Harga Anak Sekolahan

Ahad, 15 Nop 2015 | 18:54 WITA

 
PERTUMBUHAN wisata kuliner di Kota Makassar kian menjamur, utamanya cafe dan warkop yang banyak ditemui di segala penjuru kota. Varian menu pun menjadi salah satu senjata dalam menggaet para penikmat kuliner.

Salah satunya cafe yang baru lounching akhir bulan Oktober lalu, Eat Me Cafe Yummy Delicius Lovely yang berlokasi di Jalan Baji Gau I, Nomor 5, juga bisa menjadi pilihan menarik.

Eat Me Cafe Yummy Delicius Lovely menawarkan menu es cream dengan berbagai pilihan baik makanan dan minumannya. Selain sensasi es cream yang memanjakan lidah, harga yang dibandrol pun jauh lebih murah. Tak heran, pemilik Cafe  mengusung takeline "Menu Mal, Harga Anak Sekolahan".

Pemilik Cafe, Erna Mansyur (24) mengaku awal ide menu varian es cream muncul dengan pembacaan pangsa yang ditujukan untuk siswa sekolah dengan pertimbangan lokasi yang tak jauh dari beberapa sekolah, seperti SMP Negeri 3 Makassar, SMA Negeri 2 Makassar, SD Kompleks Sambung Jawa Jawa, Poltekes Farmasi.

"Itu awal sasaran konsumennya, makanya penawaran harga kami sesuaikan dengan kantong anak sekolahan," kata lulusan Fisip Unismuh Makassar ini kepada Upeks, Jumat (13/11) pekan lalu.

Namun, dengan penawaran harga yang sangat terjangkau, sebut saja Burger Cryspy dengan tiga varian (Keju, keju+telur, telur) hanya dibaderol dengan harga Rp15.000. Untuk menu Hitcake oreo Durian cukup Rp10.000 saja, Burger Twin sosis Rp15.000, Es Krim Goreng Rp10.000, Hotcake Choco Strawberry Rp10.000, Es Cream Mix dengan 4 varian rasa (Vanila, cokelat, Strawbery, Moca) hanya Rp10.000.

"Jika es cream goreng yang biasa kita temui di mal-mal harganya antara Rp17.000 sampai Rp20.000, kami tawarkan es cream goreng hanya Rp10.000 dengan empat juga varian rasa (Vanila, Durian, Strawberry, Cokelat, Moca, red). Di antara menu tadi es cream goreng dan es cream mix paling diminati pengunjung," ucap Erna.

Untuk varian minuman tak kalah memanjakan isi kantong. Misalnya, Ice Choco MilkShake Rp15.000, Ice Milo Milkshake Rp10.000, Ice Orange MilkShake Rp10.000, dan Ice Cappucino Coffeshake Rp10.000.

Harga yang cukup terjangkau dan es cream sebagai bahan utama ternyata tidak hanya diminati oleh kalangan pelajar saja, tapi pengunjung datang dari semua kalangan mulai balita hingga orang dewasa.

Untuk bisnis yang dinilainya cukup praktis karena hanya membutuhkan satu bahan utama (es cream) untuk berbagai varian menu, Erna mengaku merogok kocek Rp20 juta. Rinciannya Rp17 juta untuk berbagai peralatan dapur dan prabot funiture dan Rp3 juta untuk bahan menunya.

Sebagai usaha yang terhitung masih sangat baru, Erna menyadari butuh promosi yang gencar. Olehnya, dia memanfaatkan berbagai group media sosial untuk promosi. Tapi, tetap mengutamakan cita rasa sebagai penggaet pertama untuk pelanggan.

"Belum bisa bicara laba karena baru jalan sebulan. Sejauh ini sambil jalan saya juga promosi di media sosial. Termasuk memberikan penawaran promo beli 3 gratis 1 untuk semua menu, berlaku untuk hari sabtu dan minggu pukul 12:00 sampai 9 malam," jelasnya.

Salah satu pengunjung yang datang bersama suami dan dua anak balitanya beralamat di Jalan Veteran, Ika mengaku, sengaja datang untuk mencicipi berbagai menu es cream.

"Ini kali pertama saya ke sini, setelah lihat postingan di media sosial," kata Ika sembari menyuapi es cream putranya.
Ika menambahkan, cafe dengan menu seperti ini jarang ditemukan di luar mall apalagi dengan harga yang terjangkau. "Sangat cocok bawa anak kemari, nuangsa cafe nyaman dan anak saya memang suka es cream," paparnya. (hry/mah)

Penulis: Herman

Editor: Mahatir

Berita Terkait