Home / Sulsel Membangun

P2KH Lampaui Target

Jumat, 15 Apr 2016 | 09:21 WITA

SIDRAP,UPEKS.co.id -- Progres pembangunan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Sidrap di eks. Gelanggang Usman Isa dan dikerjakan sejak Februari lampui target tahap pekerjaan. 
 
Sesuai perencanaan, dalam tahapan pekerjaannya ditargetkan 22% hingga April. Sementara progres kini mencapai 29,6%. Ada kelebihan 7,6% dari target pembangunannya.

Mengacu perjanjian kontrak pemkab dengan perusahaan asal Makassar, PT Haruindo Utama Mandiri, pembangunannya dikerjakan 180 hari, namun kontraktor target rampung 100 hari.

Demikian Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang Sidrap melalui Kasi Perencanaan dan Pengawasan Tata Ruang, Andi Erna A. Palla, ST kepada Upeks, Rabu (13/4).
Dikatakan, pembangunan RTH)disertai monitoring dan evaluasi (Monev) di kantor Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Sulsel tiap tanggal 14, sebagai langkah monitor Provinsi dalam pekerjaan P2KH yang sedianya dikerjakan tiga tahap.

Anggaran proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini dialokasikan melalui APBN 2016 sebesar Rp5 M. Namun anggaran yang dicairkan baru Rp3,6 M, selebihnya akan dicairkan di APBN Perubahan.

Selain APBN, pembangunan P2KH juga menggunakan dana sharing APBD 2016 untuk pematangan lahan dan pembongkaran bangunan, seperti pembongkaran pagar dan penimbunan lokasi Rp197 juta.Enam 6 Kabupaten /Kota di Sulsel yang kerja P2KH, Bulukumba, Lutra, Sidrap,Takalar, Jeneponto dan Kota Palopo. Khusus Bulukumba dan Lutra sudah pembangunan tahap dua," beber Erna.

Erna menambahkan, targetnya dalam P2KH sesuai UU 30% wilayah setiap Kabupaten/Kota harus memiliki RTH berdasarkan rencana detail tata ruang. Selain sarana olahraga dan rekreasi, RTH kelak berfungsi sarana belajar bagi anak-anak. Pohon yang ditata diberi label dan menggunakan pohon endemik atau pohon lokal, seperti eboni dan bitti. (ard/arf).
 

Penulis: Ardiansyah

Editor: Muh Arafah

Berita Terkait