Home / Parlementaria

Pleno DPP Pecat Isran Noor

Rabu, 27 Jul 2016 | 10:33 WITA

 
MAKASSAR, UPEKS.co.id -- Dualisme kepengurusan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) semakin memanas. Kali ini sampai ke tingkat nasional. Bahkan, Irsan Noor dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Umum PKPI.

“Benar, pak Irsan telah dicopot dari jabatannya,”kata Ketua PKPI Sulawesi Selatan Suzanna Kaharuddin, Selasa (26/7) kemarin.

Suzanna beralasan pencopotan Irsan didasari tiga faktor. Pertama;  tidak menjalankan amanah AD/RT partai terkait pemberhentian pengurus di tingkat Provinsi. Pasalnya ada tiga Dewan Pimpinan Provinsi  (DPP) yang diberhentikan. Yakni DPP Sulsel, Sumatera Utara, dan Papua Barat.

Kedua; usulan 27 DPP melakukan mosi tidak percaya kepada Irsan, dan ketiga; memberhentikan pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) tanpa rapat pleno.

Suzanna melanjutkan, pencopotan Irsan, telah melalui rapat pleno Dewan Pimpinan Nasional (DPN) pada Senin (25/7) malam di Jakarta. Yang dihadiri hampir 70% pengurus DPN dan menerima pernyataan sikap dari 27 Provinsi.

Hingga memutuskan memberhentikan Irsan dan mengangkat Mayjen (Purn) Haris Sudarno sebagai pelaksana tugas (Plt). “Kongres luar biasa dalam AD/RT paling lambat tiga bulan,”tutur Suzanna.

Terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal PKPI kubu Irsan, Takudaeng Parawansa dikonfirmasi tidak berhasil. Begitupun Sekretaris PKPI Sulsel Rusli Malhi. (mah)

Penulis: Mahatir

Editor: Mahatir

Berita Terkait