Home / Smart City

Buwas Tekankan Mahasiswa Jauhi Narkotika

Selasa, 26 Jul 2016 | 10:52 WITA

 
MAKASSAR,UPEKS.co.id -- Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso menekankan kepada seluruh mahasiswa agar menjauhi narkotika. Hal itu ditekankan saat berkunjung ke Makassar, Senin (25/7/16) kemarin.

Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan kerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, terkait penangkalan peredaran narkotika di kalangan generasi muda. Kerjasama BNN dengan lembaga pendidikan ini dimaksudkan untuk menciptakan generasi muda emas tahun 2025.

Budi Waseso mengatakan, kerjasama antara BNN dan Unhas Makassar berupa pengawasan terhadap mahasiswa agar tidak terlibat dalam narkotika. Langkah realisasi dari pengawasan itu, yakni dengan melakukan tes urine kepada mahasiswa baru sebagai tahap awal.

Selanjutnya, kata Budi Waseso, mahasiswa akan kembali menjalani tes urine ketika akan memasuki ujian semester. Begitu pun saat akan naik tingkat, mahasiswa akan menjalani tes urine dan rambut.

Hal terakhir yang akan dilakukan oleh Perguruan Tinggi, yakni melakukan tes urine, rambut dan darah kepada mahasiswa yang akan mengikuti ujian skripsi.

"Pihak Unhas akan meminta BNN untuk melakukan serangkaian tes tersebut.  Selanjutnya kalau sudah ada hasil tes tersebut, maka akan kembali diserahkan ke pihak Unhas," kata Budi Waseso sapaan akrab Buwas itu.

Budi Waseso pun menyebutkan, pengawasan lain yang akan dilakukan dalam kerjasama ini adalah melakukan pemantauan terhadap masuknya narkotika ke lingkungan Kampus.

"Jadi pada intinya, mahasiswa harus dihindarkan dari penyalahgunaan narkotika," jelasnya. (jay/ris)

Penulis: Mas Jaya

Editor: Paris

Berita Terkait