Home / Smart City

Dispenda Sosialisasi Pekan Panutan PBB

Selasa, 26 Jul 2016 | 10:53 WITA

 
Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Makassar menggelar sosialisasi pekan panutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tingkat kecamatan. Sosialisasi dipimpin langsung Sekretaris Dispenda Makassar, Andi Badi Sommeng.

Pada sosialisasi ini, Badi menyampaikan, pihaknya berupaya mengejar target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Di mana, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menargetkan PBB sebesar Rp144 miliar pada 2016. Realisasi mencapai Rp23,5 miliar per 14 Juli 2016.

"Kita berkoordinasi agar target PBB tahun ini dapat direalisasikan," kata Badi.Sosialisasi pekan PBB dilakukan di Kecamatan Tallo dan Kecamatan Wajo, Jumat, 22 Juli. Di Kecamatan Tallo, sosialisasi dibuka langsung Camat Tallo, Zainal Abidin dan Sekretaris Kecamatan Tallo, Achi Sulaiman. Di mana, target PBB Kecamatan Tallo mencapai Rp6 miliar dan realisasi Rp731 juta per 14 Juli.

"Jadi, diharapkan partisapasi lurah-lurah dan jajaran, tokoh masyarakat agar target ini bisa diwujudkan," kata Zainal.
Sosialisasoi selanjut dilaksanakan di Kecamatan Wajo. Sosialisasi dibuka Sekcam Wajo, Aulia Arsyad. Dia berharap, sosialisasi ini berdampak positif untuk mengejar target PBB.

Sementara itu, Camat Wajo, Ansar Kalam mengatakan, pihaknya ditargetkan untuk merelisasikan Rp8,4 miliar dari sektor PBB."Realisasinya 19,49% per 21 Juli," katanya.

Menurutnya, wilayah memiliki potensi pajak yang tinggi. Salah satu pemicunya karena Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang mengalami kenaikan siknifikan.

"Sebelumnya, NJOP hanya sekitar Rp2 juta, sekarang sudah berkisar Rp8-12 juta per meter. Objek pajak sebenarnya tidak banyak tapi nilai besar karena NJOP besar" terang Ansar.

Kendati demikian, kata Ansar, nominal NJOP tersebut masih jauh dari nilai transaksi yang sebenarnya. Menurutnya, transaksi yang terjadi di wilayahnya ada yang mencapai ratusan juta per meter. Namun, nilai transaksi tersebut susah terungkap karena tidak melalui pihak kecamatan. (rul/ris)

Penulis: Asrul

Editor: Paris

Berita Terkait