Home / Sulsel Membangun

Polda Sita Lima Truk Barang dari Malaysia

Senin, 23 Mei 2016 | 09:36 WITA

Tanpa Cukai
PAREPARE,UPEKS.co.id -- TIm gabungan Polisi Perairan (POlair) bersama dengan tim buruh sergap Polda Sulselbar mengamankan lima truk barang-barang makanan produk Malaysia, baru baru ini.

Barang-barang dimaksud jenis Milo, Ovaltine, minuman jenis Soya dan alat-alat rumah tangga dan pompa pertanian produksi negeri jiran itu di pasok dari Tawau, Malaysia TImur.

Selanjutnya masuk ke Nunukan, Kalimantan Utara. Dalam perjalanan tiba-tiba dicegat Polair di perairan Ujung Lero, Pinrang lanjut masuk Kota Parepare bersama penumpang kapal.

Informasi yang dihimpun di Pelabuhan Nusantara menyebutkan,barang tanpa cukai itu dibawa polisi ke Polair Sulsel untuk penyidikan. "Barang bukti tersebut sudah dibawa polisi ke Polda Pak," kata Awal, salah seorang buruh pelabuhan.

Sejumlah pemilik barang tersebut, merupakan warga kota Parepare. Mereka mengaku membeli barang tersebut dari Nunukan sehingga tak tahu kalau barang tersebut barang larangan yang merugikan negara  sektor pendapatan pajak bea masuk.

"Kami beli di Nunukan, pak memang produksi malaysia," aku seorang pemilik tak ingin dikorankan namanya.Kapolresta Parepare, AKBP ALan Gerrit Abast Sik dikonfirmasi kemarin mengakui, penangkapan dilakukan Polda Sulsel.

Bahan makanan, alat rumah tangga, serta alat-alat pertanian memang sangat marak di Parepare dari Nunukan, tanpa dilengkapi dengan bea pajak masuk disinyalir diurus langsung pedagang Parepare kerjasama pedagang Nunukan dari Tawau, Malaysia Timur. (ama/arf).
 

Penulis: Amir

Editor: Muh Arafah

Berita Terkait