Home / Perbankan Finance

45% Kredit Bank Muamalat ke Sektor Konsumer

Rabu, 03 Feb 2016 | 20:48 WITA

MAKASSAR, UPEKS.co.id -- PT Bank Muamalat Cabang Makassar menyalurkan kredit terbesar pada sektor konsumer dengan share sebesar 45 persen dari total penyaluran pembiayaan.
 
Branch Manager Bank Muamalat Cabang Makassar, M. Nahdhuddin mengatakan kredit tahun 2015 lalu lebih banyak ke sektor konsumer seperti biaya kepemilikan rumah dan kendaraan dengan sharenya 45 persen.

"Sisanya campuran, yang kedua di UKM atau small medium Enterprest, (SME) dan ketiga ke Koorporasi dan Komersial, dan kelima di pembiayaan Mikro," ucapnya.

Dia mengaku, progres kredit tahun 2015 lalu kurang baik, bahkan tidak tumbuh. Alasannya, karena memang tingkat kehati-hatian dalam penyaluran kredit lebih ditingkatkan.

"Karena memang kami hati-hati selama penyaluran pembiayaan. Soalnya bisnis lagi nga bagus, makanya sangat selektif terhadap calon debitur, dari pada jor- joran tapi kredit macet tinggi," jelasnya.

Sejauh ini, posisi NPF (Non Performing Financing) berada di angka 1,9 persen. Dan tahun ini, kembali lending bakal kembali digenjot lagi dengan harapan kondisi ekonomi sudah membaik dari tahun lalu.

"Sudah mulai jalan proyek infastruktur, itukan "multiplier efek" akan besar dan ke mana-mana. Nilainya sangat besar, khususnya di kawasan timur," pungkasnya.

Dia menambahkan, tahun ini pihaknya lebih ekspansif lagi untuk mengganti penurunan tahun lalu."Percepatan harus dongkrak di segmen komersial dan coorporate banking. Karena ritel biasanya aga lama," tandasnya.
 
"Sudah ada proyek-proyek korporasi lagi assesment, tapi kita tidak bakal meninggalkan kredit di segmen SME dan mikro," tutupnya. (hry).
 

Penulis: Herman

Editor: H Abd Jabbar

Berita Terkait