Home / Perbankan Finance

Aset Funding Bank Muamalat Tumbuh 11%

Senin, 01 Feb 2016 | 21:00 WITA

MAKASSAR, UPEKS.co.id -- PT Bank Muamalat Cabang Makassar mencatat pertumbuhan funding (pendanaan) hanya mampu di posisi 11 persen. Seperti halnya perbankan pada umumnya, kondisi ekonomi yang lagi lesu menjadi kendala utama.
 
Branch Manager Bank Muamalat Cabang Makassar, M. Nahdhuddin mengatakan, tahun 2015 lalu bisnis secara keseluruhan tetap bertumbuh tapi tidak begitu siginifikan. Alasannya, kondisi makro ekonomi sedang lesu.

Pihaknya mencatat, total aset funding hanya mampu tumbuh di posisi 11 persen di tahun 2015 dibandingkan realisasi tahun 2014 (Year to Year). Pertumbuhan itu diakuinya karena pihaknya cukup ekspansif untuk retail funding khususnya tabungan Haji dengan share sebesar 10 persen terhadap total funding.

"Sampai saat ini, total nasabah tabungan haji capai 28.000 nasabah se Sulsel," kata Nahdnuddin kepada Upeks.Funding, lanjutnya, masih didominasi perhimpunan dana murah atau CASA dengan share sebesar 65 persen, sedangkan porsi deposito individu sebesar 35 persen.

Tahun ini, kata Nahdnuddin, pihaknya akan fokus untuk meningkatkan tabungan CASA (Dana Murah) dari berbagai produk unggulan seperti tabungan rencana baik tabungan rencana pendidikan, wisata, atau tabungan rencana nikah.

Khusus untuk tabungan haji sebagai core bisnis, pihaknya menggenjotnya dengan intens melakukan sosialisasi ke kantor-kantor, komunitas, dan lewat program berkah. "Program berkah itu, nasabah yang buka rekening haji atau umroh dapat kesempatan hadiah umroh," ucapnya.

Selain itu, dengan jaringan Bank Muamalat diberbagai daerah, semakin mempermudah calon nasabah mengakses tabungan haji."Selain haji, yang mulai banyak juga yakni tabungan umrah. Karena nunggu haji lama untuk bisa ketanah suci dulu, umrah menjadi alternatif," terangnya.

Keuntungan yang ditawarkan, tambahnya, dari sisi imeks bank Muamalat sebagai bank pertama penerima tabungan haji sudah terpercaya di mata masyarakat. Dan secara infastruktur pendukung, pihaknya memiliki 13 jaringan outlet se Sulsel.

"Dibandingkan bank syariah lain kita lebih banyak," tandasnya.Tidak hanya itu, jika nasabah terkendala akses ke lokasi outlet, pihaknya juga menyediakan mobile frends sebagai mobil kas yang bisa menjemput setoran ke komunitas jemaah haji.
 
"Untuk edukasi ke calon jamaah kita juga punya layanan on line lewat aplikasi androit dengan menu lengkap. Bahkan sampai ke peta lokasi ATM, nilai Kurs, perencanaan haji juga ada," terangnya. (hry)

Penulis: Herman

Editor: H Abd Jabbar

Berita Terkait