Home / Smart City

Harga Cabai tak Terkendali

Ahad, 17 Jan 2016 | 19:27 WITA

MAKASSAR,UPEKS.co.id -- Menurunnya harga bahan bakar minyak (BBM) tak mempengaruhi harga-harga kebutuhan bahan pokok sehari-hari. Di beberapa pasar tradisional di Makassar harga-harg mulai merangkak naik.

Harga cabai saja, kian tak terkendali pasca mengalami kenaikan beberapa bulan terakhir, pedagang tak kunjung menurunkan harga.
 
Di pasar tradisional, harga cabai saat ini mencapai Rp60 ribu/kg. Kenaikan ini diakui pedagang akibat kelangkaan stok. "Biasanya kita jual hanya Rp35 ribu/kg. Namun, karena petani gagal panen dan stok cabai menurun," ungkap Sarifah, pedagang cabai di Pasar Terong, Minggu (17/1/16).

Harga bawang merah juga kian merangkak naik. Pekan lalu harga bawang merah dari Bima dihargai Rp32 ribu/kg, namun memasuki pekan ketiga Januari naik menjadi Rp52 ribu/kg.

Bawang putih yang beberapa pekan ini stabil, justru naik harganya pekan ini. Dari harga yang diberikan pedagang sebesar Rp18 ribu/kg kini mencapai Rp30 ribu/kg. Harga tomat justru terjun bebas. Saat ini hanya Rp10 ribu/kg.

Di Pasar Daya, kondisi harga tak jauh beda. Gula merah pekan lalu diharga Rp11 ribu naik Rp 13,5 ribu/kg. Kacang merah dari Rp55 ribu naik menjadi Rp60 ribu/kg. "Jangankan turun, justru lebih banyak yang melambung naik," aku Jumain, salah seorang pedagang.

Pantauan Ujungpandang Ekspres di beberapa pasar tradisional, suasana lengang dan sepi yang tidak seperti biasanya. Biasanya bila hari Minggu, pasar-pasar tradisional ramai dikunjungi pembeli, namun di Pasar Terong dan Pasar Daya, suasananya sepi. (met/rif)

Penulis: Slamet

Editor: M Arif

Berita Terkait