Home / Teropong APBD

Infrastruktur Topang Penyerapan Anggaran

Jumat, 04 Sep 2015 | 14:39 WITA

MAKASSAR,UPEKS--Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berkomitmen untuk mengakselerasi pembangunan sejumlah proyek-proyek infrastruktur sebagai upaya untuk meningkatkan penyerapan APBD 2015.
 
Dari beberapa item pemberi kontribusi terhadap penyerapan anggaran, sektor infrastruktur memberi kontribusi paling tinggi. Itu artinya sektor infrastruktur penopang penyerapan anggaran Sulsel.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, realisasi penyerapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Sulsel hingga akhir Agustus 2015 tercatat sudah mencapai 58% atau Rp3,7 triliun dari total anggaran tahun ini sebesar Rp6,4 triliun. Artinya, masih ada dana Rp2,7 triliun yang harus diserap oleh pemerintah hingga akhir tahun ini.

Dia optimistis pada triwulan III/2015 ini penyerapan APBD akan meningkat. "Konstribusi terbesar penyerapan APBD Sulsel hingga Agustus 2015 berasal dari pembangunan proyek infrastruktur," ujarnya. 

Menurutnya, tingginya penyerapan anggaran di bidang infrastruktur disebabkan memasuki periode Semester II/2015 ini ada beberapa proyek yang telah memasuki tahap realisasi pembangunan.
 
Syahrul menyebutkan beberapa proyek infrastruktur yang turut didanai APBD dan APBN yang telah memasuki tahap pembangunan antara lain adalah proyek Kereta Trans Sulawesi, dalam proyek tersebut pemprov berkontribusi untuk biaya pembebasan lahan. (mg07)

Penulis: Aking

Editor

Berita Terkait