Home / Aksi Korporasi

MEA Peluang Besar Sulsel

Selasa, 29 Mar 2016 | 11:24 WITA

Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (Asita) Sulsel optimistis, pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) jadi peluang besar.Ketua DPD Asita Sulsel, Didi Leonardo Manaba mengungkapkan kawasan destinasi tunggal Asean membuka pintu untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan.

"Program Visit Asean sudah ditetapkan. Membuat link paket wisata kerjasama negara Asean tentu menarik. Dengan memanfaatkan direct flight antarkota-kota besar di Asean," ungkap pria yang baru saja terpilih kembali memimpin Asita Sulsel ini, kemarin.

Kerjasama antarnegara Asean ini diyakininya bakal mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sulsel. "Market utama kita memang wisatawan Asia Tenggara. Karena ada kedekatan budaya, misalnya dengan Malaysia sehingga mudah menjual paket wisata. Selain tetap, promosi ke provinsi lain untuk menggaet wisatawan lokal," tambahnya.

Untuk bersaing dengan negara lain, Asita sudah menyiapkan beragam program. "Asita kini juga sudah rambah sistem digital. Promosi hingga reservasi sudah bisa dilakukan secara online. Serta kita akan koordinasi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi untuk peningkatan SDM di bidang pariwisata," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga menawarkan paket wisata murah. "Tahap awal lewat promo Makassar and Beyond dengan menawarkan destinasi wisata Makassar, Maros dan Gowa. Misalnya Fort Rotterdam, Paotere, Akkarena, Tanjung Bunga, Bantimurung, Rammang-rammang, Museum Balla Lompoa, Gowa Discovery Park, Trans Studio. Serta wisata kuliner khas Sulsel. Ini kerjasama maskapai Garuda Indonesia, Dinas Pariwisata, PHRI dan Asita sendiri," ujarnya.

Untuk mendukung program ini, pengembangan destinasi wisata sangat mendesak. "Kami mendorong Pemerintah membenahi fasilitas pariwisata. Keamanan juga menjadi isu penting untuk menjaga kunjungan wisata. Semua pihak perlu bergandeng tangan. Jadi bukan hal mustahil untuk menargetkan 700.000 wisatawan bila semua berjalan baik," tutupnya. (met)

Penulis: Slamet

Editor: H Abd Jabbar

Berita Terkait