Home / Utama

Pemda Siapkan Paket Wisata

Selasa, 26 Jul 2016 | 12:26 WITA

Jumbara PMR VIII
PANGKEP,UPEKS.co.id
-- Menyambut kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) untuk membuka acara Jumpa, Bakhti dan Gembira Palang Merah Indonesia (Jumbara PMI) ke-VIII di Bumi perkemahan Tonasa I, Kecamatan Balocci, berbagai persiapan pun dilakukan oleh panitia.

Untuk pengamanan pun ditingkatkan baik diareal lokasi Jumbara, maupun lokasi penanaman mangrove, sebanyak 1000 personel gabungan disiagakan serta telah melakukan geladi hingga tiga kali.

"Objek vital pengamanan kita di Tonasa 1, karena kegiatan cukup lama disana, info terakhir pak JK tiba di Pangkep sekitar pukul 09.00," ungkap Dandim 1421 Pangkep Letkol Inf Muhammad Musyafag.

Selain itu, beberapa hari sebelumnya telah disiagakan pengamanan dilokasi dan beberapa tempat lainnya, serta telah didirikan dua pos pengamanan di areal lokasi perkemahan.

"Insya Allah, Pak JK 100 persen hadir, hari ini beliau sudah di Makassar buka acara Saudagar," kata Ketua Panitia lokal kegiatan yang juga wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana, senin (25/7/16).

Selain membuka acara, JK dijadwalkan akan melakukan penanaman mangrove di Maccinibaji, Kecamatan Labbakkang.
"Setelah membuka kegiatan disini, Pak JK bersama rombongan tanam mangrove di Maccinibaji,"tambah Syahban.

Dijelaskan Syahban, saat ini persiapan pelaksanaan Jumbara sudah maksimal, berbagai kompenen juga terus bekerja untuk menyukseskan kegiatan yang  diikuti 5000 orang peserta dari 34 provinsi dan 18 negera.

"Alhamdulillah bisa dikatakan rampung 100 persen, sisa pembenahan pada beberapa hal, semua komponen semaksimal mungkin bekerja demi kesusksesan kegiatan ini," jelasnya.

Sebagai tuan rumah, Pemda Pangkep menyiapkan sajian-sajian khusus bagi peserta Jumbara. Peserta akan dibawa ke beberapa tempat wisata yang ada di Pangkep.

"Panitia sudah jadwalkan, peserta akan dibawa berkunjung ke Pulau Camba-cambang, taman purbakala Sumpangbita dan beberpa lokasi lainnya," kata Sahban.

Selain ketempat wisata, peserta juga akan dijamu makanan khas Pangkep. "Kita akan undang khusus makan sop saudara, ikan bakar, udang, dange dan jeruk," bebernya.

Kedatangan RI 2 di Kabupaten Pangkep didampingi menteri Pendidikan, Anis Baswedan, Menristek, M. Nasir, Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, Menteri Kominfo, Rudi Antara, dan Kepala BNN Komjen. Budi Waseso.

Salah satu kontingen negara yang sudah hadir dilokasi adalah Malaysia yang datang sebanyak 12 orang. "Sengaja kami datang untuk dapat ilmu, menambah pengalaman dan tentunya semakin mempererat hubungan antar negara, khususnya Indonesia dengan Malaysia," ungkap Mir Hamzah, salah seorang peserta kontingen Malaysia. (sah/rif)

Penulis: Sahrir

Editor: M Arif

Berita Terkait