Home / Smart City

Puasa Sebentar Lagi, Harga Sembako di Pasar Minasamaupa Gowa Meroket

Senin, 23 Mei 2016 | 16:02 WITA

foto: gun/upeks

SUNGGUMINASA, UPEKS. co.id -- Mamasuki Bulan suci ramadan yang tinggal dua minggi lagi, berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat saat ini sudah mengalami kemaikan harga, seperti dari pantaun Upeks, di pasar Tradosional Minasamaupa, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, senin (23/5/16).
 
Harga yang Kebutuhan Pokok yang mengalami kenaikan, seperti bawang putih dari harga sebelumnya 29 ribu/kilo, naik menjadi 30 ribu/ kilonya, telur ayam Ras dari harga 33 ribu/rak naik menjadi 36 ribu/rak, dan harga Gula pasir/kilo dari harga 13 ribu naik menjadi 15 ribu/kilo.
 
Kenaikan beberapa harga kebutuhan pokok tersebut telah terjadi sejak satu minggu lalu, dan di perkirakan akan menyusul beberapa kebutuhab pokok juga akan mengalami kenaikan harga sekitar satu minggu menjelang bulan Puasa.
 
"Beberapa harga kebutuhan pokok memang sudah naik pak sejak minggu lalu,  seperti telur yang saya jual ini, harganya sebelumnya cuman 33 ribu/Rak, dan sekarang saya menjualnya 36 ribu/rak nya" kata Hj Neni, salah seorang penjual Telur.
Naik harga beberapa bahan pokok ini kata Neni karena distributor tempat ia  mengambil barang juga mengalami kenaikan harga, sehingga secara otomatis ia harus menaikan pula harga untuk di sesuaikan.
 
Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gowa, Muh Rais yang di konformasi menjelaskan kalau Naiknya  harga beberapa kebutuhan pokok adalah hal yang biasa saja terjadi menjelang memasuki Bulan Suci Ramadhan, yang terpenting kenaikannya masih di batas kewajaran saja, dan Stok ketersedian kebutuhan pokok itu masih mencukupi bagi masyarakat sampai beberapa bulan kedepan.
 
"Naiknya beberapa harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar menjelang Ramadan adalah hal yang biasa saja terjadi setiap tahun, yang terpenting naiknya masih di batas kewajaran, yang terpenting Stok barang yang di butuhkan warga masih aman dan mencukupi," jelas Rais, Senin (23/5/16).
 
Selain itu untuk mengantisipasi adanya kelangkaan sejumlah barang kebutuhan pokok jelang Ramadan, pihak Disperindag mengaku aktif melakukan pemantauan dan melaksanakan operasi pasar setiap minggu. Operasi Pasar yang di lakukan Disperindag, kata Rais juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan barang dan penimbunan barang di saat masyarakat sangat membutuhkannya, seperti di bulan Ramadan nanti.

Penulis: Sofyan

Editor: Nur Fajar Nurdin

Berita Terkait